Menu

Mode Gelap
Misra Seniman Yang Siap Maju Menjadi Legislator Kukar Tiga Wanita Hamil yang Ditahan dalam Kasus Judi di Kukar, Diharap Menerima Penangguhan Penahanan Bacaleg Muda Nasdem Kukar Annisa Mulia Utami Siap Bertarung di Pesta Demokrasi 2024 Pengantaran Berkas Bacaleg PDI Perjuangan Kukar Diiringi Pawai Baju Adat Nusantara Prajurit TNI asal Kukar Meninggal di Makassar, Kini Kasusnya Diusut Polisi Militer

Pariwara Pemkab Kukar · 6 Des 2023 22:37 WIB ·

Lembaga P3A Dibentuk, Ini Harapan Ketua Gapoktan Desa Handil Baru 


Lembaga P3A Dibentuk, Ini Harapan Ketua Gapoktan Desa Handil Baru  Perbesar

penakaltim.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar), resmi mengukuhkan sejumlah koordinator masing-masing kecamatan dalam Lembaga Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Kukar, beberapa waktu yang lalu. Ini pun menjadi lembaga lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terlibat dalam pembangunan sektor pertanian di Kukar.

 

Hal ini pun mendapat apresiasi dari Ketua Gapoktan Pangan Mandiri, Syaifudin, sekaligus Koordinator P3A Desa Handil Baru, Samboja. Ia berharap dengan dikukuhkannya lembaga ini, bisa mengatasi permasalahan masalah air di wilayahnya dapat teratasi.

 

“Alhamdulillah legalitas kita betul-betul diakui dan terdaftar sudah oleh Pemkab Kukar,” ungkap Syaifudin.

 

Syaifudin mengatakan dengan adanya lembaga ini, bisa mempermudah komunikasi antara petani dengan pemkab. Diantaranya terkait pembuatan parit untuk sarana bertani, pembuatan parit tersier, dan membagi air untuk seluruh petani secara merata.

 

Karena memang irigasi menjadi faktor penting dalam sektor pertanian. Menjadi penunjang utama sektor pertanian. Bagaimana keinginan pemerintah agar bisa panen 3 kali dalam setahun, yang harus ditunjang dengan irigasi yang memadai.

 

“Jadi irigasi penunjangnya luar biasa, akhirnya produktivitas kita juga meningkat, hasil akan optimal,” lanjut Syaifudin.

 

Ia pun berharap di wilayah Desa Handil Baru merasakan manfaat setelah terbentuknya Lembaga P3A ini. Dimana potensi hamparan sawah di Desa Handil Baru mencapai 137 hektare (ha), yang dikelola oleh 120 orang petani yang tergabung dalam kelompok tani (Poktan).

 

“Apalagi kita rencana ada IKN jadi membutuhkan panen yang banyak, hasil akan meningkat asal irigasi di support,” tutup Syaifudin. (adv/dinaspukukar)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Rp 14 M untuk Pengerjaan Sistem Drainase di Kukar

6 Desember 2023 - 22:47 WIB

Dinas PU Kukar Kucurkan Rp 330,28 M Khusus untuk Rekonstruksi Jalan 

6 Desember 2023 - 22:46 WIB

Bertahap, Dinas PU Kukar Bangun Jalan Jembatan di Desa Rebaq Rinding

6 Desember 2023 - 22:44 WIB

Dinas PU Kukar Bangun Jalan Sepanjang 200 Meter, Hubungkan 2 RT di Desa Muara Muntai Ulu

6 Desember 2023 - 22:42 WIB

Rp 2,88 Miliar Digelontorkan Dinas PU untuk Rehabilitasi Jaringan Irigasi di Kukar

6 Desember 2023 - 22:41 WIB

Rp 22,7 Miliar untuk Peningkatan Jaringan Irigasi di Kukar

6 Desember 2023 - 22:39 WIB

Trending di Pariwara Pemkab Kukar