Menu

Mode Gelap
Didi Tasidi, Pria Asal Kutai Kartanegara Calon Kuat Jaksa Agung RI Misra Seniman Yang Siap Maju Menjadi Legislator Kukar Tiga Wanita Hamil yang Ditahan dalam Kasus Judi di Kukar, Diharap Menerima Penangguhan Penahanan Bacaleg Muda Nasdem Kukar Annisa Mulia Utami Siap Bertarung di Pesta Demokrasi 2024 Pengantaran Berkas Bacaleg PDI Perjuangan Kukar Diiringi Pawai Baju Adat Nusantara

Pariwara Pemkab Kukar · 13 Nov 2023 11:22 WIB ·

2024 Mendatang, Penyediaan Kebutuhan Air Untuk Pertanian Jadi Fokus PU Kukar


2024 Mendatang, Penyediaan Kebutuhan Air Untuk Pertanian Jadi Fokus PU Kukar Perbesar

penakaltim.id Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kutai Kartanegara (Kukar) turut paparkan perkembangan pembangunan kawasan pertanian yang sedang dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab). Salah satunya, soal sumber daya air untuk kebutuhan hamparan pertanian. Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas (Kadis) PU Kukar, Wiyono saat rakoor dan evaluasi pembangunan kawasan pertanian dalam rangka mewujudkan Kukar sebagai lumbung pangan Kalimantan Timur (Kaltim) dan evaluasi pengendalian inflasi, pada Senin (13/11/2023).

 

Persoalan penyediaan sumber daya air untuk kawasan pertanian ini pun akan disinergikan bersama Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kukar yang menjadi sebagai leading sector-nya. Salah satunya, membangun jaringan irigasi untuk mengairi kawasan pertanian.

“Harapannya ini menjadi prioritas Dinas PU Kukar lebih jelas. Tetapi secara umum menyiapkan pemetaannya, tinggal koordinasi Dinas Pertanian dan Dinas PU untuk sinergikan terkait program OPD masing-masing,” ujar Wiyono.

 

Diakuinya, Dinas PU Kukar lebih banyak tugas dalam membangun jaringan irigasi primer, normalisasi sungai hingga pembangunan embung skala kecil. Bahkan kedepan, pada tahun 2024 Dinas PU Kukar akan melakukan pengadaan sumur bor sebagai sumber air embungnya.

 

“Kemudian pola yang dikerjakan relatif berhasil bisa diterapkan di kawasan lainnya dalam posisi ketersediaan air, persoalan utama di pertanian itu ketersediaan air,” pungkasnya.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pertahankan Seni Budaya, Disdikbud Kukar Gelar FLS2N

30 April 2024 - 22:00 WIB

DP3A Kukar Catat Angka Keterlibatan Perempuan di Dunia Politik Alami Kenaikan Jadi 17 Persen

30 April 2024 - 21:43 WIB

Melalui Sosialisasi Advokasi, DP3A Kukar Dorong Perempuan Kembangkan Potensi

30 April 2024 - 21:37 WIB

IWAPI Kukar dan DP3A Ingin Jadikan Perempuan Generasi yang Berkualitas

30 April 2024 - 21:35 WIB

Peringati Hari Kartini, DP3A Kukar Gelar Diskusi Keperempuanan

30 April 2024 - 16:33 WIB

Disdikbud Kukar Gelar Lomba Rangking 1 Untuk Perluas Wawasan

29 April 2024 - 21:57 WIB

Trending di Pariwara Pemkab Kukar