Menu

Mode Gelap
Didi Tasidi, Pria Asal Kutai Kartanegara Calon Kuat Jaksa Agung RI Misra Seniman Yang Siap Maju Menjadi Legislator Kukar Tiga Wanita Hamil yang Ditahan dalam Kasus Judi di Kukar, Diharap Menerima Penangguhan Penahanan Bacaleg Muda Nasdem Kukar Annisa Mulia Utami Siap Bertarung di Pesta Demokrasi 2024 Pengantaran Berkas Bacaleg PDI Perjuangan Kukar Diiringi Pawai Baju Adat Nusantara

Pariwara Pemkab Kukar · 6 Des 2023 22:38 WIB ·

Dinas PU Kukar Lakukan Normalisasi Sungai di 9 Kecamatan


Dinas PU Kukar Lakukan Normalisasi Sungai di 9 Kecamatan Perbesar

penakaltim.id  Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kutai Kartanegara (Kukar) sedang mengebut pengerjaan normalisasi sungai di Kukar. Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas PU Kukar, Awang Agus Sahbani.

 

Berdasarkan data yang dipaparkan bidang SDA Dinas PU Kukar, ada sebanyak 13 kegiatan normalisasi sungai di Kukar. Terbagi di 9 kecamatan di Kukar. Masing-masing di Kecamatan Sebulu, Muara Badak, Muara Kaman, Muara Jawa, Samboja, Loa Janan, Muara Muntai, Tenggarong, Marangkayu. Dengan total anggaran mencapai Rp 25,9 miliar pada tahun 2023.

 

Agus mengatakan, normalisasi dilakukan dengan cara mengeruk sedimentasi yang menumpuk di dasar sungai. Selain dikeruk, ada juga beberapa sungai yang dilakukan pelebaran. “Karena memang kondisinya sudah sangat mengkhawatirkan,” ungkap Agus.

 

Langkah ini pun dilakukan dalam upaya pencegahan banjir. Yakni mencegah luapan sungai ketika memang kondisi alam sedang hujan deras. Sehingga ketika sungai tidak bisa menampung debit air, maka meluap menyebabkan banjir dan genangan.

 

“Selain pengendalian banjir, sama ada beberapa sawah yang terendam saat banjir karena sedimentasi itu, maka kita lakukan normalisasi sungai,” tutupnya. (adv/dinaspukukar)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pertahankan Seni Budaya, Disdikbud Kukar Gelar FLS2N

30 April 2024 - 22:00 WIB

DP3A Kukar Catat Angka Keterlibatan Perempuan di Dunia Politik Alami Kenaikan Jadi 17 Persen

30 April 2024 - 21:43 WIB

Melalui Sosialisasi Advokasi, DP3A Kukar Dorong Perempuan Kembangkan Potensi

30 April 2024 - 21:37 WIB

IWAPI Kukar dan DP3A Ingin Jadikan Perempuan Generasi yang Berkualitas

30 April 2024 - 21:35 WIB

Peringati Hari Kartini, DP3A Kukar Gelar Diskusi Keperempuanan

30 April 2024 - 16:33 WIB

Disdikbud Kukar Gelar Lomba Rangking 1 Untuk Perluas Wawasan

29 April 2024 - 21:57 WIB

Trending di Pariwara Pemkab Kukar