Menu

Mode Gelap
Didi Tasidi, Pria Asal Kutai Kartanegara Calon Kuat Jaksa Agung RI Misra Seniman Yang Siap Maju Menjadi Legislator Kukar Tiga Wanita Hamil yang Ditahan dalam Kasus Judi di Kukar, Diharap Menerima Penangguhan Penahanan Bacaleg Muda Nasdem Kukar Annisa Mulia Utami Siap Bertarung di Pesta Demokrasi 2024 Pengantaran Berkas Bacaleg PDI Perjuangan Kukar Diiringi Pawai Baju Adat Nusantara

Pariwara Diskominfo Kukar · 4 Okt 2023 08:15 WIB ·

Pemkab Kukar Serahkan Sejumlah Alat Pertanian Untuk Petani Desa Panca Jaya


Pemkab Kukar Serahkan Sejumlah Alat Pertanian Untuk Petani Desa Panca Jaya Perbesar

penakaltim.id Wakil Bupati Kutai Kartanegara, Rendi Solihin, melakukan kunjungan kerja ke Desa Panca Jaya, Kecamatan Muara Kaman, pada Selasa, 3 Oktober 2023. Tujuannya adalah untuk melakukan silaturahmi dengan warga setempat. Sekaligus menyerahkan sejumlah peralatan produksi pertanian kepada petani daerah tersebut.

 

Salah satu petani penerima bantuan peralatan pertanian itu ialah, Sunanto. Ia mengatakan amat sangat bersyukur telah menerima bantuan alat pertanian dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar. Ia menyebut kinerja pemerintah daerah saat ini telah sangat baik.

 

Kemudian kata pria tersebut, sejumlah peralatan yang diterima oleh petani Desa Panja Jaya, adalah hasil realisasi dari usulan mereka kepada pemerintah. Ia menilai, baru kali ini ada bantuan yang diterima namun tidak memperlakukan prosedur yang panjang.

 

“Biasanya banyak prosedur yang harus kami lakukan. Tapi, ini tidak banyak prosedur, dan bisa langsung digunakan petani,” kata Sunarto.

 

Ia pun berjanji, bantuan yang diberikan akan dimanfaatkan sebaik mungkin oleh petani setempat. Sekaligus digunakan sebagai sarana merealisasikan program Pemerintah Kukar, yakni menjadi lumbung pangan Provinsi Kalimantan Timur dan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

 

“Tentu kita semakin bersemangat, terima kasih kami sampaikan kepada Bupati dan Wakil Bupati atas perhatiannya kepada petani,” jelasnya.

 

Dikonfirmasi setelahnya, Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin, berjanji pemerintah akan terus berkomitmen untuk membantu petani daerah. Sebagai contoh nyata kata Rendi, tahun ini saja pemerintah telah mengalokasikan uang berjumlah besar untuk mengembangkan sektor pertanian daerah.

 

Diketahui dari Rendi, setidaknya Pemkab Kukar sudah mengeluarkan uang senilai Rp 800 miliar hingga Rp satu triliun untuk mengembangkan pertanian berbasis kawasan di Kukar.

 

“Ini karena ada beberapa kecamatan yang telah ditetapkan sebagai lokus pertanian. Jadi anggaran tidak berjumlah kecil seperti dulu lagi” jelas Rendi

 

Rinci Wakil Bupati Kukar itu, anggaran ratusan miliar tersebut diperuntukan bagi tiga tujuan utama. Antaranya pembangunan infrastruktur, meliputi jalan usaha tani, pembangunan embung, pengadaan pupuk, dan modernisasi alat pertanian.

 

“Selain kecamatan yang menjadi lokus pertanian. Tiga hal pokok itu menjadi perhatian kami untuk mendukung aktivitas pertanian daerah,” akhiri Rendi. (*adv/diskominfokukar)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Jalan Penghubung 4 Desa di Kecamatan Loa Kulu Dikebut Pengerjaannya

1 November 2023 - 18:29 WIB

Percepatan Pembangunan, Pemkab Kukar Siapkan Dua Kecamatan di Jadi Daerah Transmigrasi

1 November 2023 - 18:28 WIB

Program GEMA Kukar, Pemkab Kukar Luncurkan Program 1 Desa 1 Hafidz 

1 November 2023 - 18:26 WIB

Pemkab Kukar Terus Tingkatkan Mutu Kualitas Layanan Kesehatan di Daerah

31 Oktober 2023 - 18:21 WIB

Ini Pesan Wabup Rendi Solihin Saat Peringati Hari Sumpah Pemuda ke-95

30 Oktober 2023 - 21:53 WIB

Puluhan Ribu Jemaah Hadir di Kukar Bersholawat Jilid II

30 Oktober 2023 - 21:50 WIB

Trending di Pariwara Diskominfo Kukar