Menu

Mode Gelap
Didi Tasidi, Pria Asal Kutai Kartanegara Calon Kuat Jaksa Agung RI Misra Seniman Yang Siap Maju Menjadi Legislator Kukar Tiga Wanita Hamil yang Ditahan dalam Kasus Judi di Kukar, Diharap Menerima Penangguhan Penahanan Bacaleg Muda Nasdem Kukar Annisa Mulia Utami Siap Bertarung di Pesta Demokrasi 2024 Pengantaran Berkas Bacaleg PDI Perjuangan Kukar Diiringi Pawai Baju Adat Nusantara

Pariwara Pemkab Kukar · 9 Nov 2023 10:59 WIB ·

Tujuan Penting dari Pembangunan Jalan Pertanian Kabupaten Kukar 


Tujuan Penting dari Pembangunan Jalan Pertanian Kabupaten Kukar  Perbesar

penakaltim.id Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) tengah menaruh perhatiannya pada proyek peningkatan jalan pertanian sepanjang 32,55 kilometer. Proyek ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas jalan dan mendukung sektor pertanian. Pemerintah berharap proyek ini akan selesai pada akhir tahun 2023.

 

Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kukar bekerja sama dengan Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kukar saat ini tengah melakukan peningkatan pada delapan ruas jalan yang mendukung kegiatan pertanian. Proyek ini mencakup jalan-jalan yang berada di dalam dan di luar kawasan pertanian.

 

Kepala Bidang Bina Marga, Dinas PU Kukar, Linda Juniarti menerangkan, proyek ini mencakup jalan-jalan dengan fungsi tematik, seperti yang mendukung pertanian dan pariwisata. Diantaranya, peningkatan jalan di Desa Manunggal Daya, Kecamatan Sebulu dengan anggaran Rp 2,4 miliar, Desa Sukamaju Kecamatan Tenggarong Seberang senilai Rp 1,9 miliar, dan Desa Bhuana Jaya, Kecamatan Tenggarong Seberang dengan anggaran sebesar Rp 4 miliar.

 

Peningkatan jalan ini juga melibatkan Desa Bukit Pariaman, Desa Bukit Raya, Desa Ponoragan, Desa Panca Jaya, dan Jalan Taman Arum, akses menuju Desa Sepakat.

 

“Proyek ini telah mendapatkan alokasi anggaran sebesar Rp 23,1 miliar melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2023,” ungkapnya.

 

Linda menjelaskan bahwa proyek ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan fungsi jalan, tetapi juga untuk mendukung pengembangan tematik di kawasan pertanian. Langkah ini sejalan dengan upaya pemerintah kabupaten untuk menjadikan Kukar sebagai lumbung pangan utama bagi Kalimantan Timur (Kaltim) dan Ibu Kota Nusantara (IKN).

 

“Kawasan seperti Sebulu-Muara Kaman memiliki banyak jalan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk aktivitas pertanian, dan fokus utama kita adalah di Tenggarong Seberang,” tutupnya.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pertahankan Seni Budaya, Disdikbud Kukar Gelar FLS2N

30 April 2024 - 22:00 WIB

DP3A Kukar Catat Angka Keterlibatan Perempuan di Dunia Politik Alami Kenaikan Jadi 17 Persen

30 April 2024 - 21:43 WIB

Melalui Sosialisasi Advokasi, DP3A Kukar Dorong Perempuan Kembangkan Potensi

30 April 2024 - 21:37 WIB

IWAPI Kukar dan DP3A Ingin Jadikan Perempuan Generasi yang Berkualitas

30 April 2024 - 21:35 WIB

Peringati Hari Kartini, DP3A Kukar Gelar Diskusi Keperempuanan

30 April 2024 - 16:33 WIB

Disdikbud Kukar Gelar Lomba Rangking 1 Untuk Perluas Wawasan

29 April 2024 - 21:57 WIB

Trending di Pariwara Pemkab Kukar