Menu

Mode Gelap
Didi Tasidi, Pria Asal Kutai Kartanegara Calon Kuat Jaksa Agung RI Misra Seniman Yang Siap Maju Menjadi Legislator Kukar Tiga Wanita Hamil yang Ditahan dalam Kasus Judi di Kukar, Diharap Menerima Penangguhan Penahanan Bacaleg Muda Nasdem Kukar Annisa Mulia Utami Siap Bertarung di Pesta Demokrasi 2024 Pengantaran Berkas Bacaleg PDI Perjuangan Kukar Diiringi Pawai Baju Adat Nusantara

Pariwara Pemkab Kukar · 6 Des 2023 22:47 WIB ·

Rp 14 M untuk Pengerjaan Sistem Drainase di Kukar


Rp 14 M untuk Pengerjaan Sistem Drainase di Kukar Perbesar

penakaltim.id – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kutai Kartanegara (Kukar), tidak hanya melakukan peningkatan jaringan irigasi saja, namun juga sedang mengebut pengerjaan peningkatan drainase di Kukar. Seperti yang disampaikan Awang Agus Sahbani, kepala Bidang (kabid) SDA Dinas PU Kukar.

 

Total ada 8 titik kegiatan yang dikerjakan di 5 kecamatan. Yakni di Kecamatan Anggana, Tenggarong, Sangasanga, Muara Jawa dan Samboja. Dengan anggaran sebesar Rp 12,7 miliar. Belum lagi operasional dan pemeliharaan sistem drainase di Kecamatan Samboja senilai Rp 2 miliar.

 

Dijelaskan Agus, sistem drainase di beberapa kecamatan akan dibuat permanen seluruhnya. Dengan harapan tidak terjadi sedimentasi, dengan memasang sambungan U-ditch. “Tapi kita pasang U-ditch, dibuat permanen, dengan harapan tidak terjadi sedimentasi lagi,” jelas Agus.

 

Peningkatan drainase ini pun sebagai upaya mengatasi permasalahan banjir di Kukar, terutama di Kecamatan Tenggarong. Sehingga meminimalisir genangan air ketika saat hujan deras. “Saluran drainase menuju langsung ke sungai sudah terkoneksi, harapan nya tidak ada banjir lagi di Tenggarong,” tutupnya.

 

Selain melakukan peningkatan drainase, Bidang SDA Dinas PU Kukar juga melakukan rehabilitasi dan peningkatan jaringan irigasi. Tercatat ada sebanyak 17 kegiatan peningkatan jaringan irigasi permukaan, yang tersebar di 6 kecamatan. Yakni di Kecamatan Tenggarong, Sebulu, Muara Kaman, Tenggarong Seberang, Loa Kulu, Kota Bangun. Dengan anggaran yang disiapkan mencapai Rp 22,7 miliar. (adv/dinaspukukar)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 9 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pertahankan Seni Budaya, Disdikbud Kukar Gelar FLS2N

30 April 2024 - 22:00 WIB

DP3A Kukar Catat Angka Keterlibatan Perempuan di Dunia Politik Alami Kenaikan Jadi 17 Persen

30 April 2024 - 21:43 WIB

Melalui Sosialisasi Advokasi, DP3A Kukar Dorong Perempuan Kembangkan Potensi

30 April 2024 - 21:37 WIB

IWAPI Kukar dan DP3A Ingin Jadikan Perempuan Generasi yang Berkualitas

30 April 2024 - 21:35 WIB

Peringati Hari Kartini, DP3A Kukar Gelar Diskusi Keperempuanan

30 April 2024 - 16:33 WIB

Disdikbud Kukar Gelar Lomba Rangking 1 Untuk Perluas Wawasan

29 April 2024 - 21:57 WIB

Trending di Pariwara Pemkab Kukar