Menu

Mode Gelap
Misra Seniman Yang Siap Maju Menjadi Legislator Kukar Tiga Wanita Hamil yang Ditahan dalam Kasus Judi di Kukar, Diharap Menerima Penangguhan Penahanan Bacaleg Muda Nasdem Kukar Annisa Mulia Utami Siap Bertarung di Pesta Demokrasi 2024 Pengantaran Berkas Bacaleg PDI Perjuangan Kukar Diiringi Pawai Baju Adat Nusantara Prajurit TNI asal Kukar Meninggal di Makassar, Kini Kasusnya Diusut Polisi Militer

Pariwara Pemkab Kukar · 11 Nov 2023 11:09 WIB ·

Pemkab Kukar Segera Pasang Sensor serta Rehabilitasi Jembatan Kutai Kartanegara


Pemkab Kukar Segera Pasang Sensor serta Rehabilitasi Jembatan Kutai Kartanegara Perbesar

penakaltim.id Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kutai Kartanegara segera memasang alat keamanan dan keselamatan jembatan penghubung Tenggarong dan Tenggarong Seberang. Dalam rencana Dinas PU Kukar, pengadaan alat pengamanan tersebut akan dibiayai oleh anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) 2023, senilai Rp 8,5 miliar.

 

Ditemui pada Selasa, 24 Oktober 2023, Kepala Bidang Bina Marga Dinas PU Kukar, Linda Juniarti, menjelaskan bahwa dengan terpasangnya alat Structure Health Monitoring System (SHMS) akan memberikan kemudahan. Pasalnya, Dinas PU Kukar tidak perlu lagi melakukan pengujian statis dan dinamis pada jembatan karena pemasangan SHMS akan dikontrol melalui manajemen elektronik.

 

“Selain itu, jika SHMS terpasang, maka kondisi jembatan akan tercatat secara periodik,” jelas Linda kepada media ini.

 

Selain itu, fungsi SHMS di infrastruktur jembatan mampu mendeteksi secara dini kemungkinan adanya gangguan atau kelainan pada struktur jembatan. Alat tersebut mampu mendata perilaku struktur dan menganalisa apakah perlu atau tidaknya memperbaiki infrastruktur jembatan dalam periode waktu tertentu.

 

Secara teknis, SHMS mampu mengukur getaran yang terjadi pada jembatan. Selanjutnya, memonitor distribusi tegangan infrastruktur jembatan saat menerima beban dan memantau pengaruh lingkungan sekitar terhadap infrastruktur.

 

Cara kerja SHMS dilakukan dengan menempatkan sensor di titik yang telah ditentukan. Data yang diperoleh dari sensor akan diproses oleh instrumen TMR Interface Module. “Data SHMS akan ditampilkan secara langsung di layar komputer milik dinas,” tuturnya.

 

Selain pemasangan sensor pada 2023 ini, pemerintah daerah juga melaksanakan perawatan berkala kepada Jembatan Kutai Kartanegara. Rehabilitasi jembatan yang di kerjakan meliputi perbaikan badan jalan dengan melapis ulang aspal jalan. Termasuk memperbaiki drainase jembatan, agar meminimalisir genangan air di badan jalan di atas jembatan.

 

“Perbaikan tersebut kita target akan rampung pada akhir tahun ini,” akhiri Linda menjelaskan. (*adv/dinaspu/kukar)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Rp 14 M untuk Pengerjaan Sistem Drainase di Kukar

6 Desember 2023 - 22:47 WIB

Dinas PU Kukar Kucurkan Rp 330,28 M Khusus untuk Rekonstruksi Jalan 

6 Desember 2023 - 22:46 WIB

Bertahap, Dinas PU Kukar Bangun Jalan Jembatan di Desa Rebaq Rinding

6 Desember 2023 - 22:44 WIB

Dinas PU Kukar Bangun Jalan Sepanjang 200 Meter, Hubungkan 2 RT di Desa Muara Muntai Ulu

6 Desember 2023 - 22:42 WIB

Rp 2,88 Miliar Digelontorkan Dinas PU untuk Rehabilitasi Jaringan Irigasi di Kukar

6 Desember 2023 - 22:41 WIB

Rp 22,7 Miliar untuk Peningkatan Jaringan Irigasi di Kukar

6 Desember 2023 - 22:39 WIB

Trending di Pariwara Pemkab Kukar