Menu

Mode Gelap
Didi Tasidi, Pria Asal Kutai Kartanegara Calon Kuat Jaksa Agung RI Misra Seniman Yang Siap Maju Menjadi Legislator Kukar Tiga Wanita Hamil yang Ditahan dalam Kasus Judi di Kukar, Diharap Menerima Penangguhan Penahanan Bacaleg Muda Nasdem Kukar Annisa Mulia Utami Siap Bertarung di Pesta Demokrasi 2024 Pengantaran Berkas Bacaleg PDI Perjuangan Kukar Diiringi Pawai Baju Adat Nusantara

Pariwara Pemkab Kukar · 4 Nov 2023 10:09 WIB ·

Dinas Pekerjaan Umun Kukar Berkolaborasi Bersama Dinas Pertanian, Bangun Jalan Pertanian


Dinas Pekerjaan Umun Kukar Berkolaborasi Bersama Dinas Pertanian, Bangun Jalan Pertanian Perbesar

penakaltim.id Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara tengah gencar membangun kawasan pertanian terpadu di enam kecamatan berbeda. Antaranya yakni Kecamatan Muara Kaman-Kecamatan Sebulu, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kecamatan Tenggarong-Kecamatan Loa Kulu hingga Kecamatan Marangkayu.

 

Diketahui untuk memuluskan program pertanian berbasis kawasan itu, harus dibarengi dengan peningkatan infrastuktur jalan. Untuk mewujudkannya, Infrastuktur jalan pun turut dikerjakan dua dinas berbeda di daerah. Yaitu, Dinas Pertanian dan peternakan (Dispertanak) Kukar dan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kukar. Pembangunan jalan itu nantinya diyakini dapat mengentaskan masalah pertanian yang dihadapi petani di Kukar.

 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kukar, Wiyono membenarkan, sebagian pekerjaan pembangunan jalan pertanian adalah kewenangan dinasnya. Ia menyebut prioritas pembangunan dinas adalah meningkatkan akses jalan menuju kawasan pertanian. Sementara untuk akses jalan di dalam wilayah pertanian sebagian dikerjakan Dinas Pertanian (Distanak) Kukar.

 

“Pembangunan jalan usaha tani di lima kawasan kecamatan di harapkan berdampak pada peningkatan ekonomi petani setempat. Karena itu harapan dari Bupati Kukar,” ungkap Wiyono belum lama ini.

 

Menilik catatan Dinas Pertanian Kukar, Kelima kawasan itu, masing-masing memiliki lahan persawahan diatas 1000 hektare. Jika dirincikan secara keseluruhan di enam kecamatan, total lahan padi sawah mencapai 8.000 hektare lebih.

 

Wiyono pun meneruskan penjelasan, pembangunan jalan tersebut digagas Bupati Kukar, Edi Damansyah. Sebab bupati menginginkan sektor pertanian Kukar menjadi lumbung pangan daerah, terutama di Kalimantan Timur.

 

“Jalan usaha tani yang dibangun berada di kawasan yang memiliki potensi pertanian, utamanya penghasil padi sawah,” jelasnya.

 

Pria tersebut kemudian mengatakan, memiliki jalan usaha tani yang memadai akan mempercepat proses usaha tani sehingga ekonomi petani ikut meningkat. Untuk mencapai keinginan tersebut, Dinas PU dan Dinas Pertanian Kukar harus bekerja bersama-sama. (*adv/dinaspu/kukar)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pertahankan Seni Budaya, Disdikbud Kukar Gelar FLS2N

30 April 2024 - 22:00 WIB

DP3A Kukar Catat Angka Keterlibatan Perempuan di Dunia Politik Alami Kenaikan Jadi 17 Persen

30 April 2024 - 21:43 WIB

Melalui Sosialisasi Advokasi, DP3A Kukar Dorong Perempuan Kembangkan Potensi

30 April 2024 - 21:37 WIB

IWAPI Kukar dan DP3A Ingin Jadikan Perempuan Generasi yang Berkualitas

30 April 2024 - 21:35 WIB

Peringati Hari Kartini, DP3A Kukar Gelar Diskusi Keperempuanan

30 April 2024 - 16:33 WIB

Disdikbud Kukar Gelar Lomba Rangking 1 Untuk Perluas Wawasan

29 April 2024 - 21:57 WIB

Trending di Pariwara Pemkab Kukar