Menu

Mode Gelap
Misra Seniman Yang Siap Maju Menjadi Legislator Kukar Tiga Wanita Hamil yang Ditahan dalam Kasus Judi di Kukar, Diharap Menerima Penangguhan Penahanan Bacaleg Muda Nasdem Kukar Annisa Mulia Utami Siap Bertarung di Pesta Demokrasi 2024 Pengantaran Berkas Bacaleg PDI Perjuangan Kukar Diiringi Pawai Baju Adat Nusantara Prajurit TNI asal Kukar Meninggal di Makassar, Kini Kasusnya Diusut Polisi Militer

Pariwara Pemkab Kukar · 1 Des 2023 21:16 WIB ·

Didorong Dinas PU Kukar, Akses Desa Loleng Diperbaiki Melalui Anggaran IJD


Didorong Dinas PU Kukar, Akses Desa Loleng Diperbaiki Melalui Anggaran IJD Perbesar

penakaltim.id – Infrastruktur pembangunan jalan menjadi fokus pembangunan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar). Salah satunya di daerah Hulu Kukar. Salah satunya mendorong perbaikan dan rehabilitasi Jalan Poros Tenggarong-Kota Bangun, yang terletak di Desa Loleng.

 

Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin, menyebut akses jalan ini memang bukanlah kewenangan dari Pemkab Kukar. Lantaran berstatus jalan nasional yang ditangani oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim).

 

“APBD kami cukup besar untuk bisa memperbaiki jalanan ini, tapi sayangnya ini bukan kewenangan Pemkab Kukar (Dinas PU Kukar). Dan, akhirnya jalan ini bisa karena perjuangan dan kerja keras banyak pihak,” jelas Rendi.

 

Jalan poros yang menghubungkan dua kecamatan ini, sudah diajukan perbaikannya melalui Dinas PU Kukar. Berbagai upaya yang dilakukan oleh Dinas PU Kukar, hingga tahun 2023 jalanan tersebut bisa terealisasi dengan memakan anggaran mencapai Rp 27 miliar, untuk jalan sepanjang 2,3 kilometer (km). Melalui anggaran IJD (Inpres Jalan Daerah) dari Kementerian PUPR.

 

Lanjut Rendi menjelaskan, melalui APBD Kukar, pemerintah telah menganggarkan untuk perbaikan jembatan dan jalan penghubung antar kecamatan, antar desa.

 

Peningkatan infrastruktur itu sebagai upaya Pemkab Kukar untuk mendukung peningkatan perekonomian masyarakat.

 

“Jembatan dan jalan merupakan salah satu faktor penting perekonomian masyarakat di wilayah pelosok, maupun daerah remote area di Kukar. Tadi saya sempat meninjau beberapa titik jalan, dan akan dituntaskan secara bertahap,” tutup Rendi. (adv/dinaspukukar)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Rp 14 M untuk Pengerjaan Sistem Drainase di Kukar

6 Desember 2023 - 22:47 WIB

Dinas PU Kukar Kucurkan Rp 330,28 M Khusus untuk Rekonstruksi Jalan 

6 Desember 2023 - 22:46 WIB

Bertahap, Dinas PU Kukar Bangun Jalan Jembatan di Desa Rebaq Rinding

6 Desember 2023 - 22:44 WIB

Dinas PU Kukar Bangun Jalan Sepanjang 200 Meter, Hubungkan 2 RT di Desa Muara Muntai Ulu

6 Desember 2023 - 22:42 WIB

Rp 2,88 Miliar Digelontorkan Dinas PU untuk Rehabilitasi Jaringan Irigasi di Kukar

6 Desember 2023 - 22:41 WIB

Rp 22,7 Miliar untuk Peningkatan Jaringan Irigasi di Kukar

6 Desember 2023 - 22:39 WIB

Trending di Pariwara Pemkab Kukar