Menu

Mode Gelap
Didi Tasidi, Pria Asal Kutai Kartanegara Calon Kuat Jaksa Agung RI Misra Seniman Yang Siap Maju Menjadi Legislator Kukar Tiga Wanita Hamil yang Ditahan dalam Kasus Judi di Kukar, Diharap Menerima Penangguhan Penahanan Bacaleg Muda Nasdem Kukar Annisa Mulia Utami Siap Bertarung di Pesta Demokrasi 2024 Pengantaran Berkas Bacaleg PDI Perjuangan Kukar Diiringi Pawai Baju Adat Nusantara

Pariwara Pemkab Kukar · 1 Des 2023 21:21 WIB ·

5 RT di Kelurahan Maluhu Kebagian Program Normalisasi Drainase


5 RT di Kelurahan Maluhu Kebagian Program Normalisasi Drainase Perbesar

penakaltim.id – Kelurahan Maluhu, Kecamatan Tenggarong, turut menaruh perhatian serius disektor pertanian. Untuk kegiatan yang dilaksanakan pada APBD Perubahan (APBD-P) Kutai Kartanegara (Kukar) 2023 ini, melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kukar akan mengerjakan normalisasi drainase dan jalan usaha tani.

 

Lurah Maluhu, Tri Joko Kuncoro, aliran anak Sungai Mahakam kira-kira sepanjang 2 kilometer (km) akan dilakukan normalisasi fungsinya. Anak sungai ini melalui kawasan di 5 Rukun Tetangga (RT), yakni mulai dari RT 1 hingga RT 5.

 

“Jadi itu alur sungai utama pertanian kami,” jelas Tri Joko.

 

Kondisi sedimentasinya pun dirasa sudah sangat mengkhawatirkan. Aliran air yang juga sebagai sumber utama pengairan pertanian di Kelurahan Maluhu. Jika terjadi hujan dan debit air meluap, akan menimbulkan genangan.

 

“Dan itu lanjutannya sinergi dengan kelurahan lain, bermuara di saluran drainase di kawasan Stadion Rondong Demang, Tenggarong. Kami berharap ini bisa segera dikerjakan (dituntaskan),” lanjutnya.

 

Selain normalisasi drainase, juga mengerjakan jalan usaha tani. Juga ada pemenuhan alat mesin pertanian (alsintan), pupuk dan juga sapras pertanian lainnya. Tentunya masuk dalam anggaran dinas terkait lainnya. “Anggaran pertanian ini, Alhamdulillah apa yang jadi usulan (selalu) dipenuhi,” tutupnya. (adv/dinaspukukar)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pertahankan Seni Budaya, Disdikbud Kukar Gelar FLS2N

30 April 2024 - 22:00 WIB

DP3A Kukar Catat Angka Keterlibatan Perempuan di Dunia Politik Alami Kenaikan Jadi 17 Persen

30 April 2024 - 21:43 WIB

Melalui Sosialisasi Advokasi, DP3A Kukar Dorong Perempuan Kembangkan Potensi

30 April 2024 - 21:37 WIB

IWAPI Kukar dan DP3A Ingin Jadikan Perempuan Generasi yang Berkualitas

30 April 2024 - 21:35 WIB

Peringati Hari Kartini, DP3A Kukar Gelar Diskusi Keperempuanan

30 April 2024 - 16:33 WIB

Disdikbud Kukar Gelar Lomba Rangking 1 Untuk Perluas Wawasan

29 April 2024 - 21:57 WIB

Trending di Pariwara Pemkab Kukar