Menu

Mode Gelap
Misra Seniman Yang Siap Maju Menjadi Legislator Kukar Tiga Wanita Hamil yang Ditahan dalam Kasus Judi di Kukar, Diharap Menerima Penangguhan Penahanan Bacaleg Muda Nasdem Kukar Annisa Mulia Utami Siap Bertarung di Pesta Demokrasi 2024 Pengantaran Berkas Bacaleg PDI Perjuangan Kukar Diiringi Pawai Baju Adat Nusantara Prajurit TNI asal Kukar Meninggal di Makassar, Kini Kasusnya Diusut Polisi Militer

Pariwara Pemkab Kukar · 4 Des 2023 16:39 WIB ·

Sekkab Kukar Apresiasi Kinerja Dinas PU Kukar, Yakin Rampung Akhir Tahun 


Sekkab Kukar Apresiasi Kinerja Dinas PU Kukar, Yakin Rampung Akhir Tahun  Perbesar

penakaltim.id – Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Kutai Kartanegara (Kukar), Sunggono, mengepresiasi pencapaian realisasi kinerja Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kukar. Dimana secara akumulatif, lebih tinggi dibandingkan dengan kinerja tahun 2022 lalu. Hal ini disampaikan pasca Apel Peringatan Hari Bakti PU ke-78.

 

Meski persentase yang masih dibawah 50 persen, hal ini lantaran anggaran dan kegiatan dari Dinas PU Kukar yang memang terbilang besar. Ditambah lagi serapan Dinas PU Kukar juga dipengaruhi oleh serapan OPD teknis lainnya, tidak berdiri sendiri. Sehingga hal tersebut cukup mempengaruhi.

 

“Tapi kita optimis setelah diskusi dengan kadis dan kabid, kegiatan besar mudahan terselesaikan dengan baik, dan menaikkan angka serapan secara signifikan,” ungkap Sunggono, Senin (4/12/2023).

 

Strategi pun disiapkan, untuk menatap kinerja tahun 2024. Agar Dinas PU Kukar tidak terkesan lamban dan kewalahan. Diantaranya menjalankan saran dari Dirjen Keuangan Daerah, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk lebih awal menetapkan Surat Keputusan (SK) Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) lewat tahun, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK).

 

Selain itu, memastikan lelang diawal tahun. Hal itu dilakukan sepanjang administrasi yang mendukung hal tersebut bisa dilakukan. Yakni penetapan seperti SK KPA, PPK dan PPTK dan dilakukan lebih awal.

 

Selain itu, mengurangi jumlah sub kegiatan untuk tahun 2024. Dimana untuk tahun ini saja sudah tercatat ada 30 ribu sub kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemkab Kukar. Dengan harapan Dinas PU Kukar bisa mengurangi sub kegiatan dengan cara meningkatkan nominal sub kegiatan Penunjukan Langsung (PL) hingga Rp 400 juta.

 

“Selain itu yang sudah diinisiasi Dinas PU Kukar dengan mengelompokkan PPK itu disatu segmen, agar tidak mengganggu mobilitas dan kecepatan pengerjaan proyek,” tutup Sunggono. (adv/dinaspukukar)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Rp 14 M untuk Pengerjaan Sistem Drainase di Kukar

6 Desember 2023 - 22:47 WIB

Dinas PU Kukar Kucurkan Rp 330,28 M Khusus untuk Rekonstruksi Jalan 

6 Desember 2023 - 22:46 WIB

Bertahap, Dinas PU Kukar Bangun Jalan Jembatan di Desa Rebaq Rinding

6 Desember 2023 - 22:44 WIB

Dinas PU Kukar Bangun Jalan Sepanjang 200 Meter, Hubungkan 2 RT di Desa Muara Muntai Ulu

6 Desember 2023 - 22:42 WIB

Rp 2,88 Miliar Digelontorkan Dinas PU untuk Rehabilitasi Jaringan Irigasi di Kukar

6 Desember 2023 - 22:41 WIB

Rp 22,7 Miliar untuk Peningkatan Jaringan Irigasi di Kukar

6 Desember 2023 - 22:39 WIB

Trending di Pariwara Pemkab Kukar